BRE Datsun, Hot Wheels Langka yang Juga Menarik untuk Dikoleksi

Peminat Hot Wheels diecaster langka, pasti aneh mendengar nama BRE Datsun. seri mobil die-cast yang satu ini selalu diburu oleh kolektor meskipun harga yang sangat tinggi. Tentu saja, semua mobil keluaran BRE Datsun ini pasti akan terjual habis dalam sekejap. Seperti yang terjadi di seri BRE Datsun Vintage dan RCC terbaru keluaran Hot Wheels.

Selain langka, mobil mainan jenis ini juga cukup mahal. harganya bisa naik hingga jutaan rupiah, melampaui harga resmi yang hanya di kisaran ratusan ribu nomor. Tidak diragukan lagi, itu adalah faktor pendorong bagi kolektor untuk membuat die-cast sebagai investasi.

Mungkin, banyak dari Anda yang bertanya, apa penyebab dari jenis mobil sangat istimewa dan mahal. Untuk jawaban, akan lebih baik jika Anda mendengarkan informasi penting berikut.

Mobil Balap BRE Datsun

Berbicara tentang BRE Datsun, pasti tak akan pernah lepas dari sosok Peter Brock dan John Marton. Peter Brock sendiri adalah seorang desainer mobil yang sebelumnya bekerja di General Motors dan Shelby Amerika. Dalam kedua perusahaan mobil terkenal, Brock telah disampaikan beberapa mobil berkualitas, seperti Shelby Mustang, Corvette Stingray, dan banyak lagi.

Sampai tahun 1950, setelah Brock memutuskan untuk pensiun dari perusahaan, ia mulai merintis usaha di bidang desain mobil balap dan tim balap. Tepatnya sekitar bulan Desember 1965, resmi Brock mendirikan perusahaan bernama Brock Racing Enterprises atau kemudian lebih populer dengan istilah BRE.

Hot Wheels Langka 2019 BRE Datsun

Dalam perusahaan perintis ini, Brock mulai merancang dan membangun mobil yang cater untuk kinerja balap acara. Meskipun, di sisi lain ia juga masih memproduksi mobil kelas GT Mobil Toyota dan Hino Samurai.
Tidak lama kemudian, Brock mulai ekspansi ke Datsun ketika mulai membidik pasar Amerika. Sampai saat itu, BRE berhasil mendirikan The West Coast Datsun Pabrik Tim Balap sebagai tim mobil balap yang akan bersaing di SCCA (Sports Car Club America).

Selama mengikuti pertandingan ini, tim yang dibentuk oleh Brock selalu menggunakan mobil jenis Datsun dengan berbagai jenis. Yakni, roadsters Datsun pada tahun 1969, Datsun 240Z pada tahun 1970 hingga 1971, dan tahun berikutnya menggunakan Datsun 510. Adapun pengemudi, BRE Racing Team pengendara diselesaikan oleh 3 orang andalan, yaitu Frank Monise, John McComb, dan John Marton,

BRE Datsun

Pada pertandingan pertama tahun 1969, BRE berkolaborasi dengan Nissan dan menurunkan Frank Monise bersama-sama Datsun 2000. Sampai akhir, pembalap veteran berhasil memenangkan balap pertandingan untuk pertama kalinya.
Tahun berikutnya, keberuntungan masih berpihak pembentukan tim balap Brock. Namun, berbeda dengan sebelumnya, tahun kedua game ini diisi oleh John Marton sebagai pendorong utama. Akibatnya, Marton mengalahkan rival terdekatnya, yaitu Porsche dan Triumph. Dia telah memenangkan SCCA National Champion menggunakan Datsun 240Z Roadster. Bahkan lebih luar biasa, sama mungkin terjadi di tahun berikutnya, yaitu 1971 SCCA game.

Hot Wheels Langka 2019 Datsun BRE RLC

Kemudian, dalam permainan SCCA Trans-Am, John Marton kembali menunjukkan kepiawaiannya di bidang sirkuit menggunakan 510 Datsun mobil bernomor 46. Angka 46 itu sendiri disebut-sebut sebagai tokoh favorit pembalap andalan Brock. Dalam game ini, Marton kembali menuai sukses dengan mengalahkan pesaing terdekat Alfa Romeo dan BMW. Judul ini berhasil dipertahankan hingga dua periode berturut-turut, yaitu tahun 1971-1972.

Tidak hanya memenangkan kejuaraan dalam dua musim, BRE Datsun balap tim juga berhasil merekam sejarah baru di Bonneville dan NHRA Kompetisi. Mobil didorong oleh John Marton, Datsun 510 memperoleh gelar sebagai mobil terbaik dalam lomba

Sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *