5 Merek Diecast Ini Masih Dicari Para Kolektor

Para kolektor tak henti-henti berburu 5 merek diecast terlaris yang keluaran baru maupun yang lama yang belum melengkapi koleksinya. Hobi diecast ini memang salah satu hobi yang bisa dijadikan investasi. Gimana tidak, harga-harga dari diecast ini sangat melambung tinggi saat ini dan penggemarnya makin banyak.

Buat yang belum tau atau baru pengen koleksi diecast, ini nih 5 merek diecast terlaris dan cari para kolektor.

1.HotWheels

Hot Wheels adalah salah satu merek diecast yang paling terkenal di Indonesia. Diecast ini pertama kali diciptakan oleh Elliot Handler, salah satu pembuat mainan di perusahaan mainan terkemuka, Mattel, pada Januari 1968. Merek Hot Wheels ini sudah berumur 50 tahun, lho! Produk pertama yang dikeluarkan hot wheels adalah diecast model Custom Camaro, kemudian, muncul beberapa model hot wheels lainnya, seperti Barracuda, Corvette, Mustang, hingga Deora. 16 mobil pertama yang dikeluarkan oleh hot wheels ini disebut sebagai “the original 16” atau “sweet sixteen”.

hotwheels
image source : youtube.com

Hot Wheels menyediakan berbagai diecast dengan berbagai ukuran, misalnya 1:64,1:24 hingga 1:18 dengan detil dan fitur yang menarik, seperti pintu dan kap mesin yang bisa dibuka. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp20 ribuan hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari detil dan ukuran diecast itu sendiri. Hot wheels termahal yang pernah dijual adalah hot wheels dengan model Rear-loading Volkswagen Beach Bomb warna merah muda tahun 1969 yang dijual dengan harga US$72.000 atau sekitar 939 juta rupiah. Hot wheels termahal ini dibeli oleh Bruce Pascal, salah satu kolektor hot wheels paling terkenal di Amerika, yang diklaim memiliki sekitar 3.500 jenis hot wheels biasa dan sekitar 175 jenis hot wheels limited edition.

2.Tomica

tomica
image source : kaoshero.com

Salah satu alternatif membeli diecast dengan kelas yang sama selain Hot Wheels adalah Tomica yang merupakan merek dari produsen mainan besar di Jepang Takara Tomy. Mobil diecast yang dikeluarkan Tomica untuk entry level terlihat sedikit lebih detil dibandingkan dengan Hot Wheels, namun harga yang ditawarkan pun juga lebih tinggi.

Selain itu Tomica juga membagi seri-seri diecast-nya seperti seri premium yang detilnya lebih bagus, seri Tomica Dream yang berisi mobil-mobil di anime seperti Initial D, Tomica Reguler yang berisi mobil-mobil yang dijual umum seperti Honda Jazz, Suzuki Wagon bahkan Toyota Avanza hingga Tomica Limited Vintage yang berisi mobil-mobil jadul terkenal.

3.Matchbox

matchbox
image source : amazon.in

Kemasan diecast ini cukup eye catching di toko-toko retail karena warna kemasannya yang mencolok, yaitu perpaduan antara hitam, oranye, dan silver.

Matchbox ini sebenarnya masih satu perusahaan dengan Hot Wheels karena masih sama-sama di bawah payung Mattel. Untuk urusan harga, Matchbox memiliki koleksi mulai dari Rp30 ribuan dan skala mulai dari 1:75.

4.Majorette

majorette
image source : majorette.com

Merek yang satu ini sebenarnya merek diecast mobil yang terbilang premium pada tahun 90-an. Material yang digunakan merupakan bahan metal premium dengan eksekusi yang baik. Majorette sempat menjadi salah satu pemain utama untuk diecast mobil berskala 1:64 di Indonesia.

Hanya saja perusahaan yang berawal dari Perancis ini mengalamai kesulitan finansial dan akhirnya diambil alih oleh Triumph-Adler Company pada tahun 1996. Mulai tahun 2001 pusat produksi dipindahkan ke Thailand.

Merek ini sempat redup di pasar Indonesia sampai diecast buatan Thailand-nya meramaikan kembali pada beberapa tahun terakhir. Sayangnya, kualitas diecast buatan Thailand ini jauh di bawah kualitas Majorette pada awal-awal berdiri.

5.Autoart

autoart
image source : lala-berlu.com

Autoart adalah salah satu merek pembuat mainan diecast yang berasal dari Hongkong yang tergolong baru, karena baru berdiri pada tahun 1998. Seperti kebanyakan pembuat diecast, Autoart juga menawarkan diecast dengan presisi tinggi sehingga bentuknya mirip mobil aslinya. Memiliki kisaran ukuran 1:64 hingga 1:12, diecast merek ini membuat model mobil khusus, misalnya exotic car, sport car hingga super performance car.

Berbeda dengan diecast pada umumnya yang kebanyakan terbuat dari metal, mobil-mobil Autoart ini justru terbuat dari plastik khusus, walaupun rangka dan lapisan dalamnya tetap terbuat dari metal. Penggunaan plastik membuat cat menjadi lebih halus dan lebih tahan lama dibandingkan dengan penggunaan bahan metal.

Yang menarik, Autoart membuat beberapa diecast yang luar biasa detil hingga ke bagian dalam mesin dan detil-detil kecil seperti lubang grill yang dibuat berlubang seperti mobil aslinya. Namun hal ini tentu berdampak pada harga diecast yang bisa mencapai hingga jutaan rupiah.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *